EKONOMI

Apakah Kewirausahaan Membutuhkan 6M?

6M Kewirausahaan

6M Kewirausahaan – Haiii, haii gengs..!!! apa kabar sadayana? Wilujeng tepang sareng abdi ya.. heheh sedikit pakai bahasa daerah gak apa-apa yaa! Kali ini, saya ingin sedikit sahre mengenai 6M. Whaatttt??? 6 Miliar kah??? Hehe pasti kalian berpikir seperti itukan? Tentu saja bukan nominal uang ya gengs. Hehe…6M Kewirausahaan yang akan kita dibahas sbb:

Ini bisa dibilang sebagai materi, bisa dibilang untuk memulai wirausaha kalian juga, dan masih banyak lagi pokonya mah, banyak sekali manfaat yang akan didapat dari mempelajari aratikel kita ya gengs. Jadi, tetap haru fokus, konsentrasi, dan semoga apa yang saya sampaikan dapat dipahami yaaa!

Tak butuh waktu lama lagi untuk basa basi, karna nantinya takut basi beneran ya genggers. Hehe kalian cukup memahami apa yang nanti saya sampaikan okay. Sipp mari kita mulai saja, berikut cuplikannya, hehe..

Untuk memulai atau menjalankan usaha yang kalian tempuh, tentu ada beberapa unsur yang harus kalian perhatikan. Tak beda jauh dengan manajemen, dalam kewirausahaan pun ada unsur-unsut yang menunjang yaitu 6M ini.

Banyak sekali yang memakai 6M ini, karena dengan menjalankan 6M ini pastinya usaha kalian insya alloh lancar jayaa ammiiinnn yra. Kalian penasaran gak, apa saja 6M ini? Yuks, mari kita kupas satu persatu.

6M Kewirausahaan – Man

Siapa yang gak tau man itu? Man ini bukan nama panggilan orang ya sobat, hehe man ini adalah seseorang atau manusia yang menjalankan kewirausahaan. Mana mungkin yang menjalankan wirausaha itu bukan orang/manusia kan? Tentu saja, setiap yang menjalankan KWU ini adalah orang-orang yang ingin maju, yang ingin sukses dalam bidang KWU.

Selain kita membuka usaha, setelah usaha itu maju dan menjadi perusahaan besar. Maka, kita juga perlu yang merekrut karyawan kan? Dengan perekrutan ini tentu kita membutuhkan orang-orang yang memiliki skill  sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Makanya, mengapa man ini perlu dalam KWU untuk menunjang sebuah pekerjaan.

 

Money

Kali ini pasti kalian tahu apa itu money? Semua orang pasti membutuhkan yang namanya uang bukan? Siapa sih yang gak butuh uang kan? Memang kita jangan diperdaya oleh uang, tapi kaga punya uang keder juga kan ya? Hehe jawabannya dalam KWU pasti membutuhkan tambahan modal. Tambahan modal itu bisa saja berupa uang.

Uang disni sangat berguna untuk menjalankan sebuah bisnis, usaha, atau yang lainnya. Makanya dalam KWU unsur yang kedua adalah money.

 

Material

Kemudian 6M selanjutnya adalah bahan-bahn yang akan digunakan untuk proses produksi. Atau kita sebut saja ini adalah bahan baku untuk pembuatan suatu prodak ya gengs. Dengan material ini kita bisa membuat apa saja sesuai dengan fashion kita, mahir dalam bidang apa lalu kita buat deh barang itu.

 

Method

Selanjutnya adalah cara (method), yaitu bagaimana perusahaan atau seseorang untuk menjalankan bisnis, usaha, atau mengatur sesuatu yang menjadi urusannya. Dengan cara ini kalian bisa menjalankan KWU dengan baik.

 

Machine

6M selanjutnya  yaitu mesin, siapa yang tidak membutuhkan mesin-mesin untuk membuat suatu produk? Pasti di pabrik-pabrik membutuhkan tenaga mesin agar proses pembuatan barang itu lebih efektif dan efisien, bukan begitu gengs?

 

Market

Okay, M yang terakhir ya gengs. Ini perlu diperhatikan karena dengan M yang terakhir ini barang yang kita buat akan mudah sekali dijual. Makanya, kita harus betul-betul tahu siapa sasaran yang akan dijadikan konsumen kita, misalnya anak-anak, remaja, orang dewasa atau manula.  Setelah menentukan hal itu maka kita akan mudah menentukan pasar yang akan dijadikan tempat untuk memasarkan barang yanag telah kita buat tersebut.

 

 

BACA JUGA:

Pentingkah Manajemen SDM?

Pengertian Kewirausahaan/ Wirausaha Menurut Para Ahli dan Cirinya