AKUNTANSI

Tahu Gak Sih, Siapa Saja Pihak Yang Memakai Sumber Informasi Akuntansi?

Akuntansi Sebagai Sumber Informasi

Akuntansi Sebagai Sumber Informasi – Hallo guys!!! Kali ini kita akan belajar lagi mengenai Akuntansi Sebagai Sumber Informasi. Siap-siap kalian harus konsentrasi dalam pembahasan kali ini ya. Setelah sebelumnya kita belajar mengenai beberapa istilah, atau singkatnya kalian mengenal bagaimana gambaran tentang akuntansi. Kali ini, kita akan membahas  Akuntansi Sebagai Sumber Informasi. Nah, untuk menghemat waktu mari kita pelajari bersama.

Sebenarnya, kemarin istilah akuntansi itu masih sangat banyak ya, tapi nanti kita pelajari lebih dalam lagi.

Akuntansi Sebagai Sumber Informasi – Definisi Akuntansi

Akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu proses pencatatn, pengidentifikasian, penganalisisan, pengukuran, dan pelaporan mengenai informasi ekonomi atau data keuangan yang ada di perusahaan atau organisasi, guna untuk mempermudah pengambilan keputusan secara jelas dan tegas bagi pihak pemakai informasi tersebut.

Dengan kata lain, di dalam akuntansi ini adalah hal terpenting dalam setiap perusahaan. Karena, dalam perusahaan tersebut pasti memerlukan hasil atau laporan keuangan, agar perusahaan tau dimana letak kemajuan nya dan perusahaan juga akan tau perusahaan itu sedang maju atau tidak.

Bukan hanya pihak perusahaan saja yang akan mengetahui kondisi perusahaan, tetapi pihak luar juga bisa mengetahui bagaimana perusahaan itu berkembang. Atau biasa kita sebut pihak internal perusahaan dan pihak eksternal perusahaan.

Siapa-siapa saja pihak-pihak tersebut, mari kita lanjutkan pembahasan mengenai pihak-pihak pemakai sistem informasi akuntansi ini. Pihak-pihak pemakai sistem informasi akuntansi ini dibagi menjadi dua yaitu, pihak intern dan ekstern:

Pihak Intern

Dalam pihak intern disini meliputi:

Pemilik, pemilik atau owner tentu membutuhkan sistem informasi akuntansi ini. Agar ia mengetahui modal yang ada dalam perusahaan itu berjalan baik atau tidak.

Manajemen, manajemen disini juga sangat membutuhkan sistem informasi akuntansi, yang mana manajer ini dapat mempelajari tentang bagaimana perusahaan itu untung atau rugi, sehingga dapat mengambil keputusan untuk selanjutnya.

 

Pihak Ekstern

Pihak ekstern ini meliputi:

Investor, mengapa investor perlu mengetahui akuntansi sebuah perusahaan? Tentu, dalam perusahaan tidak mungkin menggunakan modal pribadi saja, melainkan modal itu di dapat dari para investor, maupun kreditor.

Investor juga memerlukan  sistem informasi akuntansi ini, karena investor juga harus mengetahui berapa deviden (keuntungan) yang harus diteriama setiap tahunnya.

Kreditur, kreditur disini sebagai pemberi pinjaman modal ke perusahaan. Dengan sistem informasi akuntansi ini, kreditur dapat mengetahui seberapa besar jumlah tagihan yang dapat di bayar oleh perusahaan. Makanya sistem informasi akuntansi ini sangat penting bagi kreditur.

Pemerintah, pemerintah juga berperan penting dalam penggunaan sistem informasi akuntansi ini. Karena, dengan sistem informasi akuntansi yang di tunjukkan kepada pemerintah, maka pemerintah dapat menetapkan berapa besar pajak yang harus dibayar perusahaan kepada pemerintah.

Karyawan, mengapa karyawan juga termasuk sebagai pengguna sistem informasi akuntansi ini? Padahal, karyawan itu bisa dibilang pihak intern. Memang karyawan bekerja pada perusahaan, namun hakikatnya karyawan itu adalah pihak eksternal perusahaan. Karena, karyawan hanya sebagai sumber daya manusia yang ada di perusahaan untuk membantu kinerja perusahaan. Makanya, karyawan itu adalah pihak ekstern yang ada di perusahaan

Tentu, dengan karyawan mengetahui posisi keuangan yang ada di perusahaan, maka ia akan melihat potensi dalam diri, dapat menentukan bonus yang harus di dapat, ataukah ia pantas untuk mendapatkan promosi dan sejenisnya.

Jenis-Jenis Laporan Keuangan Yang Ada Di Sistem Informasi Akuntansi

Laporan Laba-Rugi

Laporan Equitas/ Perubahan Modal

Neraca

Laporan Arus Kas

 

Artikel Terkait Lainnya

Yuk! Mengenal Istilah Akuntansi

Ini Panduan Mudah Belajar Laporan Keuangan Perusahaan dan Cara Menyusunnya!