Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonmi masa kini telah jauh berubah dengan ilmu ekonomi pada masa lampu. Dimana, pada masa lalu ilmu ekonomi ada karena melihat dari perilaku manusia itu sendiri. Sehingga, muncul lah ilmu ekonomi ini, untuk membantu manusia agar dapat memecahkan masalah tersebut.

Dengan adanya ilmu ekonomi ini, diharapkan manusia dapat meminimalisir pemakaian sumber daya alam, agar sumber daya alam yang ada tetap terjaga dan bisa dilestarikan, serta generasi selanjutnya dapat menikmati sumber daya tersebut.

Mengingat manusia itu sangat serakah, maka tentu perlu adanya penanggulangan atau solusi atas permasalahan ini. Karena, dalam ilmu ekonomi ini tentu akan memecahkan setiap perilaku manusia yang memang nantinya akan merugikan.

Untuk itu perlu adanya pengembangan ilmu ekonomi ini untuk terus memantau, apakah perilaku manusia itu tetap sama seperti dahulu ataukah telah jauh berubah, sehingga memunculkan teori baru nantinya.

a. Pengertian Ilmu Ekonomi

Dalam hakikatnya, Ilmu Ekonomi ini ialah sebuah ilmu yang mencerminkan perilaku manusia yang menjalankan kehidupannya, untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Tentu, manusia tersebut akan selalu merasa kurang dan kurang saja. Sehingga, mereka akan terus mencari kepuasan tersendiri untuk memenuhi keinginannya. Kalian jangan terkecoh dengan kebutuhan vs keinginan ini ya, karena tentu ini sangat berbeda.

Kebutuhan  adalah syarat hidup yang betul-betul harus dipenuhin oleh manusia itu sendiri. Sedangkan, keinginan itu adalah dorongan hasrat manusia untuk mendapatkan sesuatu.

Tapi, apakah kebutuhan bisa jadi keinginan? Tentu saja bisa, loh kok bisa? Ya bisa saja. Kalian pernah mengalami rasa lapar bukan? Ya, sangat benar setiap orang pasti mengalami rasa lapar, jika mereka belum makan.

Logika nya, kalau mereka lapar pasti mereka akan cepat makan. Tapi, yang perlu digaris bawahi disini adalah jika orang itu lapar maka orang itu akan makan.

Penyebab kebutuhan itu menjadi keinginan adalah orang itu lapar ia ingin makan ayam geprek, di sebuah kedai makan.

Nah, makan ayam geprek Itulah yang menjadi dasar kebutuhan berubah menjadi keinginan,  yang kemudian orang tersebut membeli ayam geprek beserta nasinya dan di makan di kedai tersebut.

Tentu, kita harus pandai dalam mengolah kebutuhan dan keinginan disini, agar dalam aplikasi dikehidupan sehari-hari tidak terjebak dan malah membuat kita mementingkan keinginan daripada kebutuhan.

Boleh saja, kita sesekali membeli barang atau jasa sesuai keinginan kita. Tapi, yang perlu diingat adalah kebutuhan harus menjadi prioritas hidup kita.

Dengan adanya ilmu ekonomi ini, maka diharapkan manusia itu dapat memahami dan tentu mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari-hari.

b. Pembagian Ilmu Ekonomi

Didalam ilmu ekonomi ini terdapat dua cakupan yaitu Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro.

Ekonomi Mikro disini yang membahs mengenai RTP (Rumah Tangga Produksi), RTK (Rumah Tangga Konsumsi), dan Peran Pemerintah. Atau biasa disebut ekonomi mikro ini, yang membahas unit terkecil dari suatu perekonomian sebuah negara. Sedangkan, ekonomi makro yaitu yang membahas keseluruhan seperti perpajakan, pengangguran, bea cukai, perdagangan internasional dan masih banyak lagi, atau biasanya makro ekonomi ini membahas yang cakupannya luas.

Mengingat untuk masa sekarang, tidak banyak teori-teori yang ada tidak lagi berjaklan semestinya. Sehingga memunculkan pro dan kontra antara keduanya, mau tidak mau banyak mahasiswa melakukan penelitian untuk membuktikan teori tersebut untuk menjawab permasalahn yang ada di masyarakat.

Dengan banyaknya permasalaan yang dihadapi oleh sebuah negara, dalam bidang ekonomi tentunya kita harus punya solusi yang tepat untuk tetap dapat menemenuhi kebutuhan kita selanjutnya. Maka tak jarang sebuah teori itu hanya akan bertahan dalam waktu beberapa lama saja, selanjutnya akan memunculkan teori baru. Karena, hal ini di pengahuri oleh perilaku manusia itu sendiri.

Maka dari itu, dengan adanya ilmu ekonomi yang telah ada selama berabad-abad ini diharapkan manusia itu dapat memahaminya secara mendalam, agar setiap memenuhi kehidupannya dapat berjalan dengan semestinya, dan suatu negara jika menjalankan perekonomiannya dengan baik maka negara tersebut bisa mensejahterakan masyarakatnya.

Itulah sekiranya penjelasan sederhana tentang Ilmu Ekonomi. Penulis bukanlah seorang ahli ekonomi, hanya saja penulis ingin berbagi.

kritik dan Saran bisa ketik di Komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *