EKONOMI

Mari Mengenal Jenis Bank

Jenis Bank

Jenis – jenis Bank – Siapa sih yang gak tahu bank? Pasti setiap orang pernah mendengar kara bank. Bank merupakan sebuah badan usaha yang mempunyai wewenang serta fungsi untuk menghimpun dana masyarakat luas, kemudian uang tersebut disalurkan kembali kepada orang yang mengajukan pinjaman. Lebih jelas mari kita simak apa saja jenis – jenis bank.

  1. Jenis – jenis Bank – Bank Sentral

Bank sentral adalah salah satu bank pusatnya bank dalam mengatur persebaran uang di masyarakat, mengatur perkreditan, menjaga stabilitas mata uang, memperbanyak atau menarik uang yang terlau banyak. Bank sentral ini hanya ada satu yaitu sebagai pusat dari seluruh bank yang ada di Indonesia.

 

  1. Bank Umum

Pada zaman now siapa sih yang gak tau bank umum atau yang sering kita sebut bank konvensional? Sudah kita ketahui bersama bank umum ini sangat cepat dikenal masyarakat dan sudah tersebar dipelosok negeri.

Bank umum menyediakan berbagai pelayanan sebuah produk maupun jasa yang di tawarkan kepada masyarakat maupun perusahaan. Hal yang sudah tidak asing lagi ialah menawarkan pinjaman kepada masyarakat yang sedang membutuhkan modal usaha maupun sejenisnya.

 

  1. Bank Syariah

Bagaimana dengan bank yang satu ini, pasti kalian pun tidak asing lagi mendengar kata syariah? Bank syariah ini adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah dan menurut jenisnya terdiri aatas Bank Umum Syariah dan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.

 

Jadi, jika bank yang nama belakangnya diikuti kata syariah kalian tidak boleh khawatir lagi, karena itu sesui dengan prinsip syariah, mengacu pada konsep dan isi Al-Qur’an, Hadits, Qyas dan Ijma’ para ulama.

 

Dalam bank syariah banyak merepakan prinsip bagi hasil, maka kondisi besar kecilnya bagi hasil ini tergantung besar kecilnya jual beli yang dilakukan. Artinya, jika transaksi lebih banyak dilakukan maka keuntungannya pun akan besar.

 

  1. Bank Perkreditan Rakyat

Apakah kalian pernah berpikirbahwa bank perkreditan rakyat sama halnya dengan bank umum? Awalnya saya juga begitu, namun ternyata berbeda berikut penjelasannya.

Bank Perkrediatan Rakyat adalah menarik uang dari masyarakat yang dikemas dalam deposito atau berjangka waku yang panjang, tabungan atau bentuk lainnya. Selain itu, BPR juga menyediakan layanan seperti bank syariah dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukannya sesuai dengan perjanjian awal.

 

Saat ini BPR berkembang begitu cepat dengan keberadaanya ada di berbagai wilayah mulai dari perkotaan hingga pedesaan. Beberapa orang bahkan masyarakat merasakan peran dan fungsi dari BPR ini. Karena, dengan hadirnya BPR bisa membantu memenuhi urusan kebutuhan dana dalam bentuk pengajuan bantuan pinjaman kredit.

Artinya, jika bank umum tidak begitu memfasilitasi masyarakat, maka BPR ini adalah solusi bagi mereka yang membutuhkan dana sebagai alternatif pemilihan bank untuk tambahan usaha.

 

 

Baca Juga:

Pentingnya Uang dalam Kegiatan Ekonomi

Pentingnya Komunikasi dalam Kehidupan Manusia