EKONOMI

Yuk, Intip Apa Saja Lembaga Kuangan Non – Bank

Lembaga Keuangan Non Bank

Lembaga Keuangan Non Bank – Tahukah kamu, dibeberapa negara selain ada lembaga keuangan yaitu bank, ada pula lembaga keuanagan yang non bank. Lembaga keuangan non bank ini bukanlah lembaga keuangan seperti biasanya. Walaupun sama – sama menghimpun dana dari masyarakat, tetapi lembaga keuangan non bank ini menghimpun dana dengan cara menerbitkan surat – surat berharga dan menyalurkan dana itu untuk membiayai investasi di berbagai perusahaan. Apa saja jenis lembaga keuangan non – bank? Kali ini kita akan membahas bersama.

  1. Lembaga Keuangan Non Bank – Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam ini sebuah lembaga keuangan non bank yang mana sama menghimpun dana dari setiap anggota maupun non – anggota koperasi. Tetapi, sumber pemasukan koperasi terbesar ialah dari para anggotanya dan pinjaman dari lembaga keuangan lainnya. Kesejahteraan suatu anggota sangat dijunjung tinggi itulah tujuan daripada koperasi.

 

  1. Pegadaian

Tak asing lagi bagi kita kata pegadaian ini bukan? Tentu saja kita sering menyebutkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pegadaian ini cukup populer di masyarakat terutama kelas menengah dan bawah. Karena biasanya dalam prosesnya cepat danmudah. Apakah kaliah mengetahui apa itu pegadaian? Baik, pegadaian adalah sebuah lembaga keuangan non bank dan salah salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang melaksanakan kegiatan penyaluran kredit kepada masyarakat.

 

Biasanya barang yang sering digunakan untuk digadaikan ialah berupa emas, perak, mobil, sepeda motor dan sejenisnya. Mungkin pegadaian ini bagi beberapa orang sebagai salah satu alternatif jika yang tidak ingin ribet. Karena, pegadaian juga bertugas memberi solusi dalam bidang finansial jika perbankan konvensional dianggap terlalu rumit.

 

  1. Leasing

Leasing atau kita kenal sebagai sewa guna usaha. Leasing merupakan lembaga yang menyediakan modal berupa barang. Dalam leasing tentu ada perjanjian yang harus di sepakati oleh penyewa dan  menyewakan. Leasing ini kontrak sewanya disatukan dengan perkreditan yang telah disepakati awal perjanjian.

 

  1. Dana Pensiun

Dana pensiun ini salah satu hal yang wajib bagi orang telah bekerja dimana mereka akan menyisihkan gajinya ukntuk dana masa tua nanti dengan cara memotong penghasilan perbulan. Dana tersebut akan diserahkan kepada masyarakat ketika sudah pensiun, tujuan penyelenggaraan dana pensiun adalah memberikan kenyamanan di hari tua.

 

  1. Modal Ventura

Modal ventura ini lembaga keuangan non bank yang memberikan permodalan kepada perusahaan yang memiliki tingkat bisnis yang tinggi dengan resiko yang cukup tinggi pula. Biasanya dapat berupa obligasi yang mana syarat dan ketentuan disepakati oleh dua belah pihak dan bersifat khusus.

 

  1. Asuransi

Asuransi yaitu sebuah perjanjian dengan salah satu pihak yang memakai jasa asuransi karena tidak ingin kehidupannya terancam atau untuk sekedar jaga – jaga.

 

  1. Pasar Modal

Pasar modal adalah tempat atau pusat perdagangan utang jangka panjang dan saham perusahaan, dari situ akan dipergunakan sebagai tambahan dana untuk memperkuat modal perusahaan.

 

Setelah kita mengetahui jenis bank berikutnya ada pembahasan yang tak kalah penting yaitu reformasi sektor perbankan di Indonesia mengahapi revolusi 4.0 Untuk menghadapi tantangan revolusi 4.0 perbankan Indonesia harus bisa mengatur stategi dalam mempertahankan dan meningkatkan perkembangannya supaya tidak tertinggal. Karena, semakin hari masyarakat ingin serba gampang dan cepat, selain itu juga inginnya mudah dan praktis. Ini bisa berpengaruh terhadap strateagi yang diambil perbankan.

 

Tantangan perbankan sekarang dan kedepannya harus bisa memanjakan konsumennya dari produk perkreditan atau yang lainnya serta kemudahan layanan melaalui IT atau serice yang terus ditingkatkan. Maka dari itu, perbankan harus setanggap mungkin dalam melakukan pembaharuan.

 

 

Baca Juga:

Pentingnya Uang dalam Kegiatan Ekonomi

Cara Menjadi Orang Sukses dalam 7 Langkah Sederhana