EKONOMI

Macam-macam Kebutuhan

Macam-macam Kebutuhan

Macam-macam Kebutuhan – Banyak orang bilang kita sedang hidup di zaman now. Sehingga, itu akan mempengaruhi pada kebutuhan manusia. Kemudahan dalam penggunaan teknologi ini pun menjadi kebutuhan manusia semakin tinggi pula. Sedangkan, alat pemuas kebutuhan itu sendiri terbatas sehingga akan memunculkan kelangkaan dan untuk mendapatkan hal tersebut, manusia perlu bekerja keras agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Macam-macam Kebutuhan – Di era modern ini, tentu masyarakat menganggap bahwa teknologi itu sangat penting. Tak jarang, atau bahkan semua orang hampir memiliki smartphone. Mereka senantiasa menggunakan itu, untuk kepentingan yang berbeda-beda. Namun, pada dasar nya pasti setiap orang ketika bangun tidur itu akan langsung mencari handphone nya, dibanding untuk membereskan tempat tidur atau langsung mandi. Jadi, benar ya teknologi itu benar-benar berpengaruh bagi hidup banyak orang.

Dengan adanya teknologi ini, dapat memudahkan manusia untuk memperlancar proses pemenuhan kebutuhan hidupnya. Jadi, dalam memanfaatkan teknologi maupun medsos tentu harus dijalankan sebaik-baiknya.

Pada dasarnya, manusia bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi, menyebabkan terbatasnya ketersediaan bahan yang ada di alam. Karena manusia itu akan mencari sumber daya yang sedang dibutuhkannya. Sedangkan, kekayaan alam terbatas.

Jadi, apa yang ada dibenak kalian tentang kebutuhan? Pasti kalian juga tahu kebutuhan itu adalah syarat hidup manusia yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidupnya. Setiap hari, kebutuhan manusia terus berkembang sehingga semakin banyak jumlah dan jenisnya.

Macam-macam Kebutuhan dibagi menjadi tiga yaitu kebutuhan pokok, kebutuhan kedua dan kebutuhan akan barang mewah.

Kebutuhan primer itu kebutuhan pokok, kebutuhan yang benar-benar harus di utamakan. Misalnya: makan, minum, pakaian dan rumah.

Kebutuhan sekunder, yaitu dimana pemenuhannya tidak harus diutamakan atau bisa dibilang kebutuhan sekunder ini pelengkap dari kebutuhan primer. Misalnya: peralatan rumah tangga, sepeda motor, dan sebagainya.

Yang terakhir kebutuhan tersier, yaitu kebutuhan akan barang-barang mewah. Seperti: berlian, mobil mewah, berlibur dengan kapal pribadi, dan sejenisnya.

Jumlah kebutuhan manusia yang ada dimuka bumi ini tidak sebanding dengan jumlah kekayaan alam, sehingga membuat sumber penghidupan tersebut menjadi langka. Dengan demikian,  kita harus mencari barang penganti. Misalnya, jika kita setiap hari makan nasi dan tentunya nasi ini sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia. Namun, sebenarnya nasi ini hanya menjadi makanan pokok pada wilayah tertentu saja. Sehingga, jika kita lihat pada wilayah lain maka ada yang makanan pokoknya itu jagung ataupun sagu. Kita dapat menganti nasi itu dengan jagung.

Macam-macam Kebutuhan – Yuk, simak apa macam Sumber Daya!

Sumber Daya Alam

Sumber daya alam yaitu ketersediaan bahan untuk digunakan oleh manusia . Contohnya: kayu, karet, udara, matahari, air, angin, dan sejenisnya. Kita dapat memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mempertahankan hidup.

Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia adalah sumber yang paling pening, karena secanggih apapun teknologi yang ada, sebanyak apapun sumber daya alam yang melimpah di dunia ini. Jika, tidak ada yang mengelola maka itu akan sia-sia saja. Tentu, hal ini juga merupakan manusia adalah faktor produksi dan sekaligus sebagai pemikir, perencana serta pelakunya sendiri.

Sumber Daya Modal

Sumber daya modal juga menjadi hal satu diantara sumber daya yang harus dimanfaatkan, karena, modal dapat menghasilkan barang dan jasa yang diinginkan produsen. Modal disini, tidak hanya berbentuk uang saja, melainkan bisa berbentuk gedung, mesin, peralatan, bahan baku, mobil, merek dagang, dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga:

Masalah Pokok Ekonomi

JENIS-JENIS USAHA MANUSIA DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUPNYA (HAL. 87)