EKONOMI

Masalah Pokok Ekonomi

Masalah Pokok Ekonomi – Sejak dahulu, manusia selalu memikirkan berbagai macam cara untuk meningkatkan taraf hidup mereka, ataupun untuk meningkatkan kesejahteraan hidup mereka.

Ini mengakibatkan munculnya Masalah Pokok Ekonomi di masyarakat kita.

Manusia perlu bertindak sesuatu, jika dalam pelaksanaan kehidupannya ada beberapa Masalah Pokok Pkonomi, harus diatasi sesegera mungkin. Manusia harus bertindak dengan cara yang efektif dan efisien.

Permasalahan Ekonomi menurut aliran pertama atau yang biasa kita sebut aliran klasik membagi kedalam tiga bagian, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi.

Masalah Pokok Ekonomi -a. Masalah Produksi

Kalian tahu engga, dalam memproduksi sebuah produk tentu produsen akan memilki permasalahan yang akan dihadapi, yaitu produk apa yang akan ia hasilkan. Sehingga, perusahaan harus membuat barang yang betul-betul dibutuhkan orang banyak.

b. Masalah Distribusi

Selanjutnya permasalahan setelah produksi itu, produsen akan memikirkan bagaimana produknya bisa sampai ke tangan masyarakat. Dengan adanya pendistribusian ini, barang yang ada pada produsen akan mudah sampai kepada konsumen.

c. Masalah Konsumsi

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu setiap orang membutuhkan yang namanya makan dan lain-lain. Kegiatan tersebut merupakan konsumsi, jadi apa yang dimaksud konsumsi itu?

Konsumsi ialah menghabiskan atau menggunakan nilai guna dari suatu produk atau jasa yang telah didistribusikan oleh pihak produsen kepada tangan konsumen.

Tingkat konsumsi suatu produk akan berpengaruh terhadap income yang dihasilkan oleh konsumen. Karena, berapapun jumlah pendapatan yang diterima terutama jumlahnya, maka tingkat konsumsi pun akan meningkat.

Tapi, jika income yang diterima masyarakat itu rendah, tingkat konsumsi juga akan kekurangan terutama bagi masyarakat menengah bawah. Maka dari itu, perlu ada nya pengaturan antara pendapatan dan pengeluaran tersebut. Agar, dalam pemenuhan kehidupan nya dapat berjalan dengan semestinya.

Menurut Aliran Masalah Pokok Ekonomi Modern menitik beratkan pada tiga hal yaitu, apa dan berapa yang diproduksi (What), bagaimana cara memproduksi (How), dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi (Who).

Masalah Pokok Ekonomi Modern

1.What

Dalam masalah ini, membahas mengenai barang dan jasa apa yang hendak diproduksi oleh sebuah perusahaan, serta berapa banyak jumlah yang akan diproduksi tersebut.

Jangan risau, ini dapat dipecahkan dengan produsen memproduksi barang sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ada. Kemudian jumlah produk harus disesuaikan dengan angka kebutuhan masyarakat agar tidak mubazir.

2. How

Dalam how ini, produsen kebingungan untuk memproduksi barangnya, maka produsen harus tau betul karakteristik dari barang itu seperti apa sehingga dapat dibuat. Selain itu, perusahaan dapat mengelola dengan baik setiap perencanaan sehingga dapat diaplikasikan dengan baik serta barang dan jasa itu, dapat diproduksi sesuai dengan harapannya.

Selain itu, perusahaan juga perlu mengkombinasikan faktor produksi, alat teknologi, dan metode agar dapat menghasilkan barang dan jasa sebanyak mungkin dengan biaya seminimal mungkin.

3.Who

Untuk siapa sih produsen membuat produk itu? Jika produsen membuat barang dan jasa yang tidak diinginkan oleh konsumen, tentu bagaimana barang dan jasa itu nantinya dapat terjual di pasar luas.

Produsen juga harus memikirkan jika produk itu akan dibuat, sasaran yang akan dituju itu siapa. Apakah ibu-ibu, anak-anak, remaja, atau orang dewasa atau bahkan manula. Kemudian, produsen harus memikirkan produk itu bagaimana diterima dan dinikmati oleh masyarakat luas.

Pertimbangan-pertimbangannya adalah:

  1. Apa dan berapa yang diproduksi (what)
  2. Siapakah yang akan memproduksi (who)
  3. Kapan barang diproduksi (when)
  4. Dimana barang akan diproduksi (where)
  5. Mengapa barang harus diproduksi (why)
  6. Bagaimana memproduksi (how)

 

Penulis bukanlah ahli ekonomi, penulis hanya ingin berbagi pengetahuan. semoga bermanfaat.

 

artikel terkait lainnya

Prinsip-prinsip Ekonomi

Krisis Ekonomi Indonesia yang Semakin Akut dan Serius

 

 

About the author

evi

Add Comment

Click here to post a comment