EKONOMI

Wow, Pasar Uang, Harga dan Uang Beredar!!!

Pasar Uang

Pasar Uang – Apakah sebelumnya kalian pernah mendengar pasar uang? atau kalian hanya mengenal uangnya saja? Takperlu risau, tak perlu galau, sekarang saya akan membahas mengenai pasar uang, harga, dan uang beredar.

  1. Pasar Uang – Pengertian Pasar uang

Apa yang kalian ketahui tentang pasar uang ?? disini kita akan mulai dari pengertian pasar uang dalam teori ekonomi. Pada umumnya pasar yang kita ketahui adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual atau bisa juga diartikan sebagai pertemuan antara permintaan dan penawaran, jika permintaan dan penawaran bertemu di pasar, maka akan terjadi transaksi, transaksi merupakan kesepakatan untuk menentukan harga dan volume suatu barang yang akan ditansaksikan. Dalam hal ini hak yang ditansaksikan adalah pasar uang. Namanya juga pasar uang, sudah pasti yang digunakan untuk transaksiit uuang..hehehe..

  1. Harga uang

Harga biasanya dinyatakan dalam % per satuan waktu, misalnya per bulan atau per tahun yang dinamakan sebagai tingkat bunga. Jadi tingkat bunga adalah harga atau bisa kita sebut “sewa” .

  1. Uang beredar

Uang yang beredar di dalam kehidupan kita sehari-hari bukan hanya ada uang tunai, tetapi ada juga uang “tidak tunai”. Untuk lebih jelasnya kita akan membahas mengenai uang beredar di bawah ini..

Pada umumnya uang yang kita ketahui adalah uang kertas dan uang logam yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.Uang tunai ini bisa kita sebut dengan uang kartal yaa gays, karna uang tunailah yang benar-benar bisa kita gunakan secara lansung untuk belanja barang atau jasa, berbeda dengan “uang tidak tunai” yang tidak bisa digunakan secara langsung di pasar barang, seperti kartu kredit, debit, cek, giro. Jadi, kalian lebih suka uang tunai atau uang tidak tunai?

 

Pelaku, Peran Bank Dalam Pasar Uang dan Standard Moneter

  1. Pelaku

Pelaku utama, yaitu kelompok kreditur atau orang yang menawarkan dana dan kelompok debitur atau orang yang mencari dana. Ada 3 pelaku utama yaitu, otorita moneter (Bank sentral dan Pemerintah), Lembaga keuangan (Bank dan Bukan Bank), dan Masyarakat (Rumah tangga dan Perusahaan).

  1. Peranan Bank dan Standar Moneter

Bank memiliki peranan yang sangat penting, bank bisa kita gunakan sebagai tempat untuk menyimpan uang, bukan hanya uang tetapi barang-barang berharga lainnya bisa disimpan di bank. Bank juga memiliki peranan penting lainnya, seperti halnya meminjamkan modal kepada orang yang membutuhkan dengan syarat-syarat tertentu, didukung dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, bisa memudahkan dan memuaskan masayarakat dalam menjalankan kegiatan ekonomi. Bank juga memiliki peranan dalam standar moneter, seperti Bank Indonesia atau Bank Sentral yang mengatur peredaran uang agar tidak terjadinya krisise konomi di suatu negara, seperti deflasi dan inflasi.

 

 

 

Baca Juga:

Mari Mengenal Jenis Bank

Panduan Umum Tentang Seluk Beluk Perbankan di Indonesia