EKONOMI

Tahukah kamu? Ada Berapa Pembagian Ilmu Ekonomi?

Pembagian Ilmu Ekonomi

Pembagian Ilmu Ekonomi – Ok, kali ini kita akan membahas mengenai Pembagian Ilmu Ekonomi. Dalam ruang lingkupnya sendiri ilmu ekonomi itu sangat luas serta beragam. Oleh karenanya, ilmu ekonomi perlu adanya pembagian atau dibedakan menjadi tiga kelompok dasar, yakni kelompok ekonomi deskriptif, kelompok teori ekonomi, dan kelompok terapan. Langsung saja kita bahas satu persatu ya guys…!!!

Pembagian Ilmu Ekonomi – 1. Ekonomi Deskriptif

Dalam ekonomi deskriptif cakupan bahasannya adalah kita mencari dan mengumpulkan informasi faktual tentang masalah ekonomi. Ekonomi Deskriptif merupakan gambaran-gambaran tentang keadaan ekonomi yang sebenanya terjadi di masyarakat. Dengan kegiatan ini, kita akan memperoleh sejumlah pengetahuan tentang fakta-fakta atau data empiris yang ada. Contohnya: jumlah angkatan kerja yang mana kita mendapatkan data itu dari sebuah lembaga angkatan kerja dan kita dapat menggambarkan jenis-jenis angkatan kerja tersebut seperti apa.

2. Teori Ekonomi

Dalam teori ekonomi ini bermaksud untuk mengembangan fakta-fakta yang ada atau data-data yang diperoleh untuk memberikan analisis bagaimana sebuah fenomena itu terjadi sehingga akan memunculkan sebuah teori ekonomi dan akan dipakai untuk berbagai bidang keilmuan lainnya. Teori ekonomi adalah bagian dari ilmu ekonomi yang bertugas menerangkan hubungan antara peristiwa-peristiwa ekonomi dan merumuskan hubungan tersebut dalam suuatu hukum atau teori ekonomi.

 

Di dalam teori ekonomi ini dibagi lagi menjadi dua yaitu:

  • Teori Ekonomi Mikro, teori ekonomi mikro ini cakupannya sangat kecil. Karena, membahas mengenai perilaku RTP (Rumah Tangga Produksi), RTK (Rumah Tangga Konsumsi), dan Peran Pemerintah dalam membuat suatu keputusan dalam mengalokasikan kekayaan suatu negara.

 

  • Teori Ekonomi Makro, dalam teori ekonomi makro ini tentu cakupannya akan sangat luas, dibandingkan dengan teori ekonomi mikro. Tujuan dari ekonomi makro ini adalah untuk memahami berbagai peristiwa ekonomi dan merumuskan serta memperbaiki perekonomian yang ada di suatu negara.

 3. Ekonomi Terapan

Ekonomi terapan merupakan cabang dari ilmu ekonomi yang menerapkan segala sesuatau yang ada dalam ekonomi makro dan mikro. Sehingga, ekonomi terapan termasuk dalam tahap pengambilan keputusan untuk memecahkan masalah berdasarkan fakta maupun bukti yang ada.

Dengan kata lain, ekonomi terapan ini merupakan hasil penelitian dalam bidang ekonomi untuk mempermudah seseorang dalam mengambil keputusan dalam  jangka panjang. Ekonomi terapan merupakan aplikasi dari ekonomi mikro, makro dan deskriptif.

  • Kegunaan Ilmu Ekonomi

Setiap orang tentu perlu menguasai atau bahkan harus mempelajari suatu ilmu, terlebih ilmu ekonomi. Karena, untuk mendapatkan hasil yang maksimal atau optimal kita perlu menerapkan ilmu tersebut. Maka dari itu dalam ilmu ekonomi jika kita pelajari, maka kita akan mendapatkan manfaat atau sangat berguna bagi kehidupan selanjutnya.

  1. Mengajarkan kira untuk berpikir bagaimana melihat peluang, atau kesempatan yang dapat kita ambil guna memperbaiki perekonomian sendiri, perusahaan atau negara.
  2. Dengan ilmu ekonomi kita dapat mengetahui perilaku masyarakat disuatu negara, apakah negara itu termasuk kedalam negara yang konsumtif, produktif atau negara yang seperti apa perekonomiannya.
  3. Memahami persoalan global. Artinya, kita juga dapat mengetahui perekonomian di negara lain. Sehingga, kita dapat membandingkan ekonomi di negara sendiri dengan ekonomi di negara lain.
  4. Membuat kita menjadi pemilih yang kompeten. Ketika kita berpertisipasi dalam proses politik, kita dapat memberi suara pada persoalan-persoalan yang memerlukan pemahaman mendasar tentang ilmu ekonomi.

 

Baca Juga:

Ilmu Ekonomi Yang Berkembang Pada Masa Kini

17 Cabang Cabang Ilmu Ekonomi dan Penjelasannya