EKONOMI

Pentingkah Manajemen SDM?

Pentingkah Manajemen SDM

Pentingkah Manajemen SDM – Haiii gengs, kita jumpa lagi yaaa! Udah lama banget rasanya diriku engga ketak ketik lagi..heheh kali ini kita akan berbicara tentang Pentingkah Manajemen SDM? Untuk mengetahui jawabannya langusng saja kita baca baikbaik okkaayyy!!!

Awal mula seseorang yang mendirikan bisnis tentunya dalam bentuk kecil, itupun dengan beberapa karyawan saja. Lambat laun, bisnis itu pastinya akan bertambah maju bukan? Dengan majunya bsinis tersebut maka dibutuhkanlah karyawan baru. Bisnis yang besar tentu memerlukan banyak tenaga, dan tenaga tersbut pastilah terbagi menjadi beberapa bagian atau jabatan.

Banyak sekali syarat-sayrat yang harus dipenuhi oleh seseorang yang ingin bekerja disuatu perusahaan. Jika karyawan yang efektif ialah karyawan yang senantiasa menyukai dan nyaman dengan pekerjaan yang dia dapatkan. Karyawan tersebut mau memperbaiki, jika disetiap ada kesalahan yang terjadi, bisa bekerjasama dengan baik serta mudah berbaur dengan siapa saja.

Oleh sebab itu, Human Resources Management adalah kegiatan yang berkenaan dengan merencanakan, mengarahkan, serta mengkoordinasikan semua pekerjaan yang menyangkut pegawai, mencari pegawai, melatih atau melayani mereka semua.

Didalam perusahaan tentu ingin memiliki orang-orang yang terbaik untuk menunjang karir perusahaan. Ini kaitannya dengan sorang manajemen yang memiliki kriteria yang baik, sehingga dapat menentukan posisi yang tepat.

Sebagai manajemen tentu bertugas untuk mencari, memilih dan memilah tenaga kerja yang cocok dengan suatu bidang pekerjaan yang sedang dibutuhkan dalam perusahaan.

Pentingkah Manajemen SDM – Fungsi Human Resources

  • Merencanakan kebutuhan staf di perusahaan manakah yang betul-betul sangat dibutuhkannya, maka manajemen harus jeli dalam menganalisis hal tersebut.
  • Mencari dan merekrut karyawan, setelah manajemen merencanakan staf apa saja yang dibutuhkan maka fungsi selanjutnya manajemen perlu mencari karyawan yang cocok dengan pekerjaan yang dibutuhkan. Setelah itu barulah perusahaan merekrut karyawan baru.
  • Melatih serta mengembangkan karyawan tersebut. Ketika dua fungsi tadi telah dilaksanakan, fungsi selanjutnya adalah melatih serta mengembangakan bakat yang ada pada setiap karyawan tersebut. Karena, dengan cara ini dapat meningkatkan bakat yang ada pada diri karyawan, selain itu dapat juga sebagai ajang promosi untuk sebuah jabatan.

Pentingnya Manajemen SDM

Untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada suatu perusahaan, banyak sekali hal yang bisa dilakukan oleh manajer ya gengs. Tentunya, manajemen akan memikirkan bagaimana kualifikasinya, jabatan apa yang sedang dibutuhkan, dan apakah akan melakukan rekrutment sendiri, atau melakukan outsourcing? Banyak sekali cara yang bisa dilakukan selain hal tersebut, itu pemikiran manajemennya saja yang dapat mengetahui dalam membutuhkan pekerjanya.

Keberhasilan seorang manajemen dapat kita lihat dari menempatkan orang pada jabatan atau fungsi yang sedang dibutuhkannya. Jika orang itu belum ahli dalam menempatkan seseorang pada bidangnya, maka tunggu sajalah kehancurannya. Makanya mengapa seseorang haruslah menyukai sebuah pekerjaannya, harus memiliki rasa nyaman dan aman dalam bekerja.

Karena, mereka akan terjamin keselamatannya, karirnya, penghasilannya, serta keamanan dari apa yang mereka kerjakan. Pengaruhnya jika seseorang merasa tertekan, maka kinerjanya juga akan buruk.

Kemudian, jika mereka merasa tidak puas dengan apa yang mereka dapatkan, maka mereka akan keluar dan terpaksa digantikan oleh tenaga kerja yang lain atau orang lain. Dan ini akan memakan biaya lagi, karena perusahaan harus merekrut kembali orang-orang sesuai dengan bidang yang dibutuhkan.

Sehingga, Human Resources Management ini sangat penting untuk dimiliki oleh setiap perusahaan, dengan kinerja yang porposional, maka kriteria pegawai yang dibutuhkan terpenuhi.

 

 

BACA JUGA:

Tahukah kamu? Ada Berapa Pembagian Ilmu Ekonomi?

Peran Akuntansi Manajemen yang Cukup Vital Pada Perusahaan