Perputaran Uang

Perputaran Uang – Pernahkan kalian mendengar perputaran uang yang ada disuatu negara? Agar lebih jelas kali ini kita akan membahasnya kali ini, mari simak selengkapnya…!

  1. Perputaran Uang – Uang dan barang

Uang yang dimiliki oleh masyarakat akan digunakan untuk membeli suatu barang yang akan diperlukan untuk kehidupan sehari-hari, seperti halnya uang yang dia dapat dari upah kerja, uang sewa, dan lain-lain yang kemudian akan memudahkan seseorang tersebut untuk memenuhi keinginannya dengan cara membeli barang dan jasa yang dibutuhkan.

Jadi perputaran uang dan barang sangat bergantung dengan jumlah uang yang dimiliki oleh orang tersebut. Kelancaran daripada sistem pertukaran uang ini meningkatkan standar hidup masyarakat sebagaimana dengan meningkatkan produksi dan selanjutnya dipasarkan untuk ditukarkan dengan uang.

 

  1. Uang dan Suku bunga

Peredaran uang riil berpengaruh negatif pada tingkat suku bunga suatu negara. Kenaikan suku bunga bisa menurunkan permintaan uang.

Jika suku  bunga mengalami peningkatan, maka jumlah uang beredar akan mengalami penurunan atau yang bisa kita sebut deflasi.

Sebaliknya apabila suku bunga diturunkan atau mengalami penurunan, maka jumlah uang beredar akan mengalami peningkatan atau inflasi.

 

Dalam suatu pemerintahan tentu perputaran unag ini sangat penting untuk dilaksanakan. Karena, suatu  negara memerlukan pembangunan, dan dana itu sebagian besar memakai uang. Uang yang digunakan ini adalah untuk infrastruktur yang ada dinegaranya.

Dengan adanya dana maka suatu negara bisa terus membangun infrastruktur ini terlebih bagi mereka yang tinggal di negara berkembang. Maka dari itu sumber negara sangat ditentukan dari jumlah penerimaan atau pengeluaran yang dilakuakan dalam APBN.

Dengan mempertimbangkan anggaran belanja pemerintah, diharapkan pembangunan dalam suatu negara tetap berlanjut demi melayani, memakmurkan, dan mensejahterkan masyarakatnya yang ada disuatu negara.

Dalam hal pembangunan ini haruslah merata seperti sarana kesehatan, layanan sosial  maupun pendidikan. Dengan perputaran uang dan barang yang stabil diharapkan pembangunan di suatu negara juga dapat berjalan dengan lancar.

 

Baca Juga:

Teori Permintaan Uang menurut Klasik, Keynes dan Modern

Penyesuaian Teori Adam Smith Terhadap Kebijakan Ekonomi Pemerintahan Jokowi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *