EKONOMI

Yuk, Cari Tahu Bagaimana Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia?

Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi – Akhir-akhir ini kita digencarkan dengan kenaikan dolar bukan? Kalian tahu berapa harga dolar sekarang? Yups, betul! Saat ini nilai tukar dolar diatas Rp. 14.000. Bagaimana jadinya, jika nilai tukar dolar terus naik? Apa yang akan terjadi dengan pertumbuhan ekonomi yang ada di negeri kita ini.

Dolar yang kian meningkat, membuat para pedagang menjerit. Karena, mereka harus menaikan harga dagangannya. Tak sedikit pedagang yang menaikkan harga produknya. Mereka mengatakan jika tidak di naikkan, maka mereka juga akan mengalami kerugian.

Barang-barang impor pun mengalami kenaikkan, walaupun sebetulnya tidak meningkat terlalu tajam. Tapi, itu tetap akan mempengaruhi harga jual di pasar Indonesia. Jika, dolar terus meningkat maka proses impor akan sedikit tersendat. Karena, indonesia juga harus mengurangi jumlah barang yang ingin di impor.

Sebaliknya, jika kita melakukan ekspor maka itu akan menguntungkan bagi pihak kita. Dengan kenaikkan dolar ini, maka tingkat penjualan ekspor akan semakin meningkat. Dengan demikian, hal ini memang sangat dipengaruhi oleh nilai tukar uangnya.

Cuss, langsung saja kita bahas lebih lanjut…!

Pertumbuhan Ekonomi – Pengertian 

Kita tahu bahwa setiap produsen menghasilkan sutau produk pasti itu adalah dari kegiatan bisnis mereka. Produk itu nantinya di jual kemudian dibeli oleh perusahaan lain, yang melakukan kerjasama. Pihak yang membeli produk suatu perusahaan di dalam dunia bisnis ada 4 kelompok, yaitu pengguna produk, pemerintah, orang asing, dan pembisnis.

Dalam perhitungannya, konsumen akan membeli produk yang dihasilkan oleh produsen sebesar 65%, kemudian produk sejenisnya juga akan dibeli oleh pemerintah sebesar 20%, selanjutnya untuk bisnis sendiri atau bisnis yang dijalankan perorangan sebesar 14%, dan untuk orang asing membeli produk sebesar 1%.

Jadi, pertumbuhan ekonomi ditandai adanya meningkatnya penjualan atas produksi sesuatu yang dihasilkan produsen, sehingga membuat kenaikkan pendapatan yang ada di negara atersebut.

Pertumbuhan ekonomi juga bisa dilihat dari keadaan ekonomi suatu negara, karena ekonomi di negara tersebut membawa ke arah yang lebih baik lagi. Jika Revenue yang dihasilkan suatu negara meningkat, maka akan membawa dampak yang baik bagi pembangunan ekonominya.

Walapun demikian, ada kelebihan dan keuntungan dari pertumbuhan ekonomi ini. Mari, kita lanjutkan pembahasannya.

Kelebihan dari Pertumbuhan Ekonomi yang ada disuatu negara:

  • Semakin modernnya ekonomi saat ini, maka pertumbuhan ekonomi juga akan lebih maju.
  • Jika dolar naik, dan pertumbuhan ekonomi juga pesat itu akan menguntungkan bagi para karyawan, mengapa demikian? Karena, itu akan meningkatkan ggaji para karyawan.
  • Selain itu, keuntungan dari pertumbuhan penduduk adalah akan meningkatkan status sosial seseorang. Dengan meingkatnya pertumbuhan ekonomi ini, maka setiap orang harus membeli suatu produk dengan harga yang agak tinggi. Itu sudah termasuk meningkatnya status sosial orang tersebut. Karena, membeli barang dan jasa yang harganya yang tinggi.
  • Keuntungan yang terakhir ialah terpecahkannya masalah ekonomi saat kini.

Kerugian dari pertumbuhan ekonomi yang ada disuatu negara:

  • Pesatnya pertumbuhan ekonomi akan menimbulkan masalah juga kan? Diantaranya tumbuhan hijau sudah berkurang. Artinya banyak sawah atau ladang ladang yang dijadikan pemukiman ataupun gedung-gedung yang tingii untuk dibangun.
  • Dampak yang kedua, setiap orang akan memiliki pandangan yang matrealistis. Karena, masyarakat akan mulai berpikir bahwa gaya hidup kini jauh lebih penting.
  • Terjadinya kenaikkan harga, sehingga mempersulit masyarakat bawah yang hendak memenuhi kebutuhan hidupnya.

 

BACA JUGA:

Yuk Intip! Faktor Yang Mempengaruhi Dinamika Penduduk

Indikator Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

 

 

 

About the author

evi

2 Comments

Click here to post a comment

  • Have you ever thought about publishing an e-book or guest authoring
    on other blogs? I have a blog based upon on the same information you
    discuss and would really like to have you share some stories/information.
    I know my visitors would value your work. If you are
    even remotely interested, feel free to shoot me
    an e-mail.