EKONOMI

Prinsip-prinsip Ekonomi

Prinsip Ekonomi – Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita tidak terlepas dalam kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi. Itu pun, bagi mereka yang menjalankannya.

Namum, pada dasarnya masyarakat Indonesia masih banyak yang melakukan budaya konsumtif.

Maka dari itu, dalam kehidupan khususnya kehidupan pribadi, kita harus memiliki beberapa prinsip yang perlu dipegang, agar dalam menjalankannya kita tetap dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Seseorang yang memiliki prinsip dalam kehidupannya, terutama dalam hal ekonomi. Maka, orang tersebut selalu akan mempunyai beberapa peluang untuk menjadi pertimbangan, agar mereka tidak salah dalam mengambil keputusan.

Contoh prinsip ekonomi: orang yang memiliki prinsip ini, biasanya memiliki ciri suka berhemat tapi bukan berarti orang itu pelit. Dengan tindakan nya itu, maka akan meminimalisir pengeluarannya untuk pemenuhan kebutuhannya.

Selain orang itu suka berhemat, ciri yang lainnya orang tersebut selalu membandingkan harga satu dengan harga yang lainnya, jika ingin membeli sesuatu.

Dengan demikian, orang tersebut akan mendapatkan barang yang sama, namun dengan harga yang jauh lebih rendah tapi kualitas tetap sama.

Biasanya orang seperti ini akan membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk dapat membandingkan harga saatu dengan harga yang lainnya.

Ciri yang selanjutnya orang tersebut, akan memilih mementingkan kebutuhan daripada keinginannya. Karena, jika orang itu mementingkan keinginannya saja, maka kebutuhannya akan terbengkalai.

Sehingga, orang tersebut akan betul-betul menghitung berapa penghasilannya, dan berapa beban yang harus ditanggungnya setiap bulan.

Maka, jika itu telah diperhitungkan proses pemenuhan kebutuhannya tetap terjaga dengan baik.

Dengan demikian, maka diperlukanlah beberapa prinsip ekonomi yang harus dimiliki setiap orang, agar mereka tetap dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dengan adanya ilmu ekonomi ini maka seseorang dapat belajar dan memahami kegitan ekonomi, serta dapat menerapkan prinsip ekonomi dari ilmu ekonomi tersebut.

Berikut penjelasan mengenai contoh prinsip ekonomi:

a. Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Produksi

Prinsip Ekonomi dalam kegiatan produksi ini, biasanya digunakan atau dipakai oleh seorang produsen. Karena dalam hakikatnya, produsen ingin memproduksi barang dan jasa sebanyak mungkin.

Dengan membeli bahan baku dengan harga yang minim, serta mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin.

Dengan demikian, harapannya adalah produsen akan membangun pabrik atau perusahaannya dekat dengan bahan bakunya. Karena, ini akan menjadi bahan pertimbangan agar cost/biaya transportasi pengangkutan bahan baku bisa dengan harga yang lebih rendah.

Kemudian, selain itu perusahaan dapat memperoleh bahan baku dengan mudah, dan tentu produk yang dihasilkan dapat sesuai harapannya.

Selain itu, jika produk telah siap dipasarkan, maka produsen dapat menjual kepada distributor dengan harga yang relatif murah dan tentu produk itu akan sampai pada konsumen tepat pada waktunya.

b. Prinsip Ekonomi dalam Kegiatan Distribusi

Dalam kegiatan distribusi pada prinsip ekonomi ini, tentu pihak yang melihatnya adalah distributor atau pihak yang memasarkan produk.

Pihak distributor akan mencari harga dari produsen yang relatif lebih murah agar pada saat pemasarannya, ia juga mendapatkan keuntungan.

Dengan demikian, pemasaran produk dari sebuah perusahaan akan berjalan dengan lancar jika harga terhadap suatu produk itu bersahabat, maka kerjasama yang terjalin itu akan membuahkan hasil yang baik.

c. Pinsip Ekonomi dalam Kegiatan konsumsi

Prinsip-prinsip Ekonomi

Kegiatan konsumsi dalam prinsip ekonomi, terpusat pada konsumen. Biasanya konsumen ini, akan memilih dan memilah produk satu dengan yang lainnya.

Walaupun produk yang dihasilkan sama, tapi selera konsumen akan berbeda. Selera ini, biasanya disesuaikan dengan tingkat pendapatan daripada konsumen tersebut.

Jika pendapatan konsumen itu rendah, maka tingkat konsumsinya juga akan menyesuaikan. Sebaliknya, jika pendapatan konsumen itu tinggi, maka konsumen tersebut akan memiliki dorongan untuk membeli barang atau jasa, yang memiliki kualitas yang lebih baik lagi.

artikel terkait

Ilmu Ekonomi Yang Berkembang Pada Masa Kini

5 SYARAT WAJIB YANG HARUS DIKETAHUI OLEH PEBISNIS