AKUNTANSI

Mau Jadi Akuntan? Berikut Beberapa Profesi Akuntan yang wajib Kamu Ketahui

Profesi Akuntan

Profesi Akuntan – Pernahkah kalian membayangkan bagaimana jadi seorang akuntan? Pasti, Profesi Akuntan itu adalah hal yang sangat rumit bukan? Atau dipikiran kalian bahwa sebagai akuntan itu, tugasnya hanya menghitung dan mengitung saja? Tentunya seorang akuntan tidak bertugas sebatas itu saja ya.

Mari kita lihat pembahasannya……

Profesi Akuntan – Pengertian Akuntan

Sebelum membahas apa saja jenis Profesi Akuntan, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu Akuntan? Akuntan ialah gelar yang diperoleh secara profesional, yang diberikan kepada seorang yang sudah menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi pada suatu Universitas/Perguruan Tinggi serta telah lulus Pendidikan Profesi Akuntansinya.

Jadi, seseorang yang telah menempuh pendidikan tersebut dan telah memenuhi kriteria maka orang itu dapat disebut sebagai akuntan. Karena, profesi ini merupakan profesi yang membutuhkan keahlian (skill) serta keterampilan dalam menjalankan tugasnya.

Bagi kalian yang sebentar lagi lulus khususnya kelas 12 IPA maupun IPS, jika tertarik atau suka menghitung, atau bahkan menyukai mata pelajaran ekonomi maupun akuntansi. Tidak ada salahnya, kalian meneruskan ke perguruan tinggi dan pilihlah Fakultas Ekonomi-Akuntansi atau fakultas yang setara dengan Fakultas Ekonomi-Akuntansi. Yang nantinya akan membawa kalian kepada Profesi Akuntan sesuai keinginan.

Banyak yang bilang kalau seseorang memiliki Profesi Akuntansi ini, merupakan profesi yang menjanjikan. Karena, akuntansi ini sangat dibutuhkan dalam berbagai kehidupan. Bayangkan saja, jika suatu negara tidak memiliki orang-orang akuntan atau yang memahami ekonomi, apa yang akan terjadi?

Pasti negara tersebut akan dilanda kemiskinan, krisis ekonomi, perputaran ekonomi tidak beraturan sehingga mengakibatkan banyak kekacauan di negara tersebut. Jadi, keberhasilan perekonomian suatu negara tergantung pada orang-orang ekonomi maupun orang-orang yang memahami akuntansi.

Dalam Profesi Akuntansi ini tidak hanya mematok untuk menjadi akuntan atau guru akuntansi saja, melainkan bisa digunakan dalam keahlian bidang ekonomi juga.

Jenis-Jenis Profesi Akuntan

  1. Akuntan Internal

Perlu kalian ketahui, akuntan internal sangat dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Akuntan Internal ini orang yang bekerja dalam perusahaan atau organisasi. Tugasnya adalah mencatat dan menyusun transaksi keuangan di perusahaan.

Tugas yang lainnya adalah mengurus pencatatan pajak serta pemeriksaan yang bersifat internal yang berhubungan dengan kegiatan perusahaan. Nah, bagi kalian yang senang bekerja di perusahaan ada baiknya kalian menjadi akuntan Internal ini.

 

  1. Akuntan Publik

Akuntan publik adalah akuntan yang telah mendapat izin dari menteri keuangan untuk memberikan jasa akuntan publik. Karena, akuntan publik ini mengurus dan memeriksa keuangan atau jasa lainnya seperti konsultasi keuangan, pembuatan laporan keuangan, perhitungan pajak dan lain sebagainya.

Akuntan Publik ini merupakan bagian dari pihak eksternal, karena melayani individu maupun organisasi yang memang ingin berkonsultasi dengan keuangan perusahaannya.

 

  1. Akuntan Pemerintah

Akuntan Pemerintah ini merupakan akuntan yang bekerja di suatu lembaga pemerintahan. Contohnya: di kantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pengawas Keuangan (BPK), perpajakan dan Komisi Pemberantasan Korupsi.

Tugas dari akuntan pemerintah ini adalah mengaudit setiap institusi pemerintah di berbagai tingkat pemerintahan atau bisa juga bertugas untuk menyusun laporan keuangan pemerintah.

 

  1. Akuntan Pendidik

Akuntan Pendidik ialah akuntan yang bertugas untuk mendidik dalam bidang akuntansi. Misalnya: dosen akuntansi, dan guru akuntansi.

 

Nah, setelah membaca artikel ini apakah kallian tertarik untuk menjadi seorang akuntan? Tinggal pilih saja mana yang cocok untuk kalian diantara 4 jenis Profesi Akuntan itu. Pilihan itu akan menentukan masa depan kalian!!!!

 

Baca Juga:

Tahu Gak Sih, Siapa Saja Pihak Yang Memakai Sumber Informasi Akuntansi?

Inilah 14 Bidang Bidang Akuntansi Dan Profesinya