SOSIAL

Mengapa Terjadi Perubahan Perilaku Masyarakat Pada Era Revolusi Industri?

Revolusi Industri

Revolusi Industri – Kali ini kita ketemu lagi ya, untuk membahas hal yang sedang trend saat ini. Temen-temen juga sudah mendengarkan? Sekarang ini, kita ada pada masa Revolusi Industri. Tapi, temen-temen tau gak sih? Apa itu Revolusi Industri?

Sebagaimana kita ketahui bersama, dan mungkin temen-temen juga merasakan itu semua. Kalian pernah kan menggunakan jasa online, tentu itu tidak asing bagi kita bukan? Kita terus mengalami kemajuan dalam bidang industri, perekonomian, pertanian terlebih dari bidang teknologi, selain itu juga adanya demografi yang cukup besar serta adanya sistem keuangan yang sudah semakin canggih. Ini salah satu penyebab perubahan perilaku dengan adanya revolusi industri.

Kita ambil saja contohnya dari pertumbuhan penduduk, teknologi dan financial. Pertumbuhan penduduk yang sangat pesat belakangan ini, membuat kebutuhan masyarakat meningkat oleh sebab itu produsen tentu, harus menyiapkan atau memproduksi barang dan jasa sesuai dengan kebutuhan masyarakat kita. Namun, yang perlu kita sadari kebutuhan manusia tidak terbatas, sedangkan sumber daya alam terbatas. Ini yang menyebabkan kita perlu melakukan inovasi agar kebutuhan tetap terpenuhi.

Jika kita lihat dari sisi teknologi, sekarang tentu sudah banyak kemajuan. Terlebih untuk smartphone, dulu yang namanya handphone itu kan biasa-biasa saja bukan? Dan handphone yang terkenal pada masanya adalah blackberry. Siapa yang tidak menginginkan handphone tersebut? Tentu pada zamannya blackberry diinginkan oleh setiap orang. Namun, semakin ke sini orang pasti tidak lagi menggunakan handphone tersebut, karena yang banyak diminati adalah smartphone. Dengan smartphone apapun bisa kita dapatkan hanya dengan satu klik saja.

Selain dari teknologi, ada juga dari sisi financial. Banyak kemajuan dari segi financial ini terutama dalam hal pembayaran barang dan jasa. Zaman dahulu, jika kita ingin berbelanja tentu kita harus menyiapkan uang cash di dompet bukan? Tentu, untuk sekarang hal itu membuat kita ribet dan  bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Siapa yang tidak memiliki ATM, cartu Credit, atau kartu-kartu yang menunjang pembayaran barang dan jasa kita. Itu sudah tidak asing lagi, pasti setiap orang memiliki itu. Tak kalah lagi, sekarang kita dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan handphone. Jadi, apapun jenis pembeliannya kita dapat membayar dengan hanya satu klik saja, namun itupun harus dengan bantuan aplikasi tertentu.

Pengertian Revolusi Industri

Dari penjelasan diatas, sudah jelas sekali sebenarnya ya. Untuk memperjelas saja bahwa Revolusi Industri disini adalah perubahan yang sangat signifikan di dalam kehidupan masyarakat, sehingga kita harus bisa menyesuaikan diri dengan adanya perubahan-perubahan tersebut. Jika kita tidak melakukan penyesuaian tersebut, maka kita bisa seperti dinosaurus. Loh, mengapa demikian? Kalian tau kan dinosaurus itu hewan yang telah lama punah? Apa yang menyebabkan dinosaurus itu punah? Ya, benar dinosaurus itu punah karena ia tidak dapat menyesuaikan dengan lingkungannya sehingga punah.

Maka dari itu, jika kita tidak dapat menyesuaikan dengan perubahan yang ada siap-siap saja kita akan tersingkirkan di persaingan global ini. Tentu ada peluang dari semua tantangan revolusi industri ini.

Jika kita tidak ingin tersingkirkan di era revolusi industri ini, maka hal yang perlu kita lakukan adalah kita harus memiliki inovasi terutama untuk para produsen. Selain itu, kita juga bisa menggunakan waktu sebaik mungkin atau yang bisa kita sebut efektivitas. Kemudian, yang terakhir semua aktivitas yang kita lakukan harus transparan. Karena, dengan adanya tranparansi ini akan membuat banyak orang percaya terhadap produk yang kita tawarkan.

 

Baca Juga:

Ruang dan Interaksi Antar Ruang

Apa itu Industri 4.0 ? Dan apa saja elemen yang harus ada?

 

 

 

 

About the author

evi

Add Comment

Click here to post a comment