EKONOMI

Sistem Perekonomian Indonesia Saat Ini

Sistem Ekonomi

Sistem Ekonomi  – Hai, semua….!!! kita kembali lagi untuk berbagi ilmu pengetahuan ya..

Sebelumnya, kalian pernah dengar tentang Sistem Ekonomi atau Sistem Perekonomian yang ada di sebuah negara kan?

Tentu saja, Sistem Perekonomian yang ada di negara maju maupun berkembang itu berbeda-beda ya.

Jangan salah, Sistem Ekonomi yang di anut oleh sebuah negara itu akan mencerminkan kesejahteraan setiap negaranya loh. Mengapa demikian?

Jelas saja, jika suatu negara memakai sistem ekonomi yang sesuai dengan karakteristiknya masing-msaing, maka ini akan membuahkan hasil yang memuaskan bukan?

Karena mereka menjalankan perekonomiannya sesuai dengan kebutuhan yang betul-betul mereka butuhkan.

Sistem Ekonomi ini dipakai, karena sebuah negara tentu ingin memiliki sebuah aturan dalam hal perekonomiannya, sehinggga dalam menjalankan bisnis ataupun pembangunan negara bisa secara merata.

Dengan adanya sistem ekonomi ini, diharapkan perekonomian disebuah negara dapat maju dan berkembang, sehingga dapat bersaing secara sehat. Selain itu, negara dapat mensejahterakan masyarakat yang tinggal di negara tersebut.

Suatu negara memakai sistem perekonomian ini, tentu melihat beberapa Faktor yang perlu dipertimbangkan diantaranya:

faktor geografi negara tersebut, budaya yang ada di suatu negara, atau bisa saja disesuaikan dengan karakteristik negara itu sendiri.

Apakah kalian pernah terpikirkan Sistem Perekonomian yang ada di Indonesiaa itu seperti apa?

Mari kita bahas bersama. Perlu kita ketahui bersama, sistem perekonomian yang ada di Indonesia adalah Sistem Perekonomian Pancasila.

Mungkin sedikit berbeda dengan negara-negara maju lainnya. Sekian banyak sistem ekonomi yang ada, mengapa Indonesia menganut Sistem Perekonomian Pancasila. Tentu saja, ada alsan dibalik itu semua.

Alasan Negara Indonesia Menganut Sistem Ekonomi Pancasila

Alasan mengapa Indonesia menganut sistem ekonomi pancasila, karena indonesia sendiri merupakan negara kepulauan, negara dengan suku terbanyak, selain itu juga negara yang memiliki potensi sumber daya alam yang berlimpah.

Kemudian disesuaikan dengan letak geografinya. Selain alasan tadi, alasan yang lainnya indonesia merupakan negara yang dikenal ramah tamah nya, serta negara yang memiliki rasa gotong royong yang kuat juga.

Dengan demikian, Sistem Perekonomian yang dianut oleh Indonesia ini didasarkan kepada karakteristik yang ada di Indonesia sendiri. Yaitu gotong royong, kerjasama, keadilan serta kekeluargaan.

Tapi menurut saya, sistem perekonomian yang ada di Indonesia ini sama hal nya dengan sistem perekonomian campuran. Karena, walaupun perekonomian indonesia juga diserahkan kepada pihak swasta atau para pedagang, tapi pemerintah juga turut andil dalam menentukan kebijakan nya.

Agar perekonomian tetap berjalan dengan lancar, serta dengan adanya ikut campur pemerintah maka diharapkan harga dipasaran tetap stabil.

Jika sistem perekonomian di suatu negara pemerintah tidak turut andil di dalamnya, maka seperti di Indonesia sendiri kekayaan alam yang berlimpah dan tidak ada yang mengawasinya, maka akan terjadinya eksploitasi secara besar-besaran.

Maka dari itu peran pemerintah sangat penting, untuk menjaga kestabilan perekonomian di suatu negara.

Dengan sistem perekonomian yang diterapkan oleh suaatu negara ini, maka akan terlihat perilaku masyarakat di suatu negara seperti apa. Karena, sangat penting dalam menjalankan perekonomian ini, terutama bagi suatu negara yang sedang berkembang seperti Indonesia ini.

Maka sistem perekonomian ini sangat penting dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Jadi, kalian sudah tahu kan sekarang Indonesia menganurt sistem perekonomian apa?

Diharapkan setelah kalian membaca artikel ini, kita dapat menjadi warga negara yang baik dan menjalankan perekonomian sesuai dengan sistem perekonomian yang ada, agar negara kita menjadi negara yang maju. Amiiinnn.

Artikel Terkait Lainnya

Ilmu Ekonomi Yang Berkembang Pada Masa Kini

SISTEM PEREKONOMIAN DI DUNIA

 

 

About the author

evi

Add Comment

Click here to post a comment